Social Icons

Selasa, 16 Desember 2014

Cibodas yang Tidak Pernah Membosankan…


Cibodas Botanical Garden, demikian istilah asingnya. Lokasi wisata ini memang tidak pernah membosankan, ya setidaknya buat saya, meski sudah beberapa kali menjejakan kaki di tempat ini.  Suasana yang sejuk dan dingin karena memiliki suhu 17 hingga 27 deajat Celcius, ditambah dengan panorama yang indah, taman dan tanaman-tanaman yang mempesona membuat Cibodas tidak pernah sepi dari para wisatawan, baik dari kawasan Jawa Barat sendiri, maupun dari luar Jawa Barat. Hamparan kebun teh diantara jalan menuju Cibodas yang meliuk-liuk menambah
sensasi lain menuju kawasan Taman Wisata Cibodas. Meski terkadang macet, terutama pada akhir-akhir pekan dan hari-hari libur Nasional, namun suasana dan pemandangan yang ditawarkan di lokasi wisata ini tetap memiliki daya pikat yang selalu menarik untuk dikunjungi. Tempat ini bisa menjadi alternatif untuk relaksasi, melepas lelah dan stress dari aktivitas rutin harian yang jemu dan terkadang membosankan…
Selain berfungsi sebagai tempat wisata, Kebun Raya Cobodas juga dimaksudkan
sebagai tempat koleksi bagi tumbuh-tumbuhan tropis basah dataran tinggi. Tidak heran kalau di sini kita banyak menjumpai pepohonan-pepohonan yang besar dan lebat. Di antara koleksinya adalah berbagai jenis pohon besar yang dilindungi seperti tusam dan tumbuhan runjung, tumbuhan paku pegunungan, hutan kaliandra, hutan alam dan terdapat pula air terjun. Yang tidak kalah menarik adalah Taman Lumut Cibodas yang memiliki 216 jenis lumut dan lumut hati dari berbagai sudut Indonesia dan dunia. Dengan luas 2500m persegi, taman ini diklaim sebagai satu-satunya di dunia yang terletak di luar ruangan dan memiliki koleksi terbanyak.
Untuk melengkapi wisata ini, kita juga bisa mengunjungi lokasi air terjun yang masih berada di area Tawan wisata Cibodas. Dan jika ingin tantangan yang lebih, kita bisa mengunjungi air terjun Ciberum yang berada di kawasan Taman Nasional Gungung Gede Pangrango. Namun, untuk mencapai lokasi tersebut kita harus berpayah-payah, karena jarak tempuh dari area masuk sampai lokasi lumayan jauh, ditambah jalan yang menanjak. Tapi, gak usah kahawatir, lelah dan capai itu akan terbayar karena selama perjalanan, kita disuguhkan dengan panorama hutan yang lebat dan jalan yang sudah tertata baik, dan terutama ketika sudah sampai di lokasi air terjun.
Untuk melengkapi wisata ini, kita bisa membeli oleh-oleh atau memborong juga boleh, baik berupa sayur-sayuran segar seperti wortel, lobak, petai dan lain-lain. Tak ketinggalan juga makanan-makanan ringan khas Cibodas banyak dijajakan di tempat ini. Tidak hanya itu, di area parkir ini, kita bisa membeli souvenir, kaus, gantungan kunci, sandal, topi dengan tulisan khas Cibodas. Dan akhirnya, kita pun pulang, dan mudah-mudahan bisa kembali lagi suatu waktu ke tempat itu….just wait..because its never bored to visit Cibodas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Facebook

https://www.facebook.com/mustofa.acep

Sample Text

Sample Text