Social Icons

Kamis, 31 Oktober 2013

Menikmati Arung Jeram Sungai Cisadane

Dalam Wikipedia dijelaskan, bahwa Cisadane adalah salah satu sungai besar di Pulau Jawa yang bermuara ke Laut Jawa. Hulu sungai ini berada di lereng Gunung Pangrango, dan melintas di sisi barat Kabupaten Bogor, terus ke arah Kabupaten Tangerang dan bermuara di sekitar Tanjung Burung. Dengan panjang keseluruhan
sekitar 126 km, sungai ini pada bagian hilirnya cukup lebar, beberapa bagian bahkan dapat dilayari oleh kapal kecil. Namun beberapa bagian lainnya, sepert di wilayah Ciawi, sungai ini memiliki arus yang berjeram/riam karena banyaknya bebatuan di tengah sungai mulai yang kecil hingga yang besar. Kondisi sungai yang seperti ini tentu sangat menarik untuk digunakan sebagai tempat melakukan kegiatan rafting atau arung jeram.

Pada hari Minggu, kami besama rekan-rekan LPMA melakukan olahraga rafting di sungai ini. Kegiatan ini kami awali dari sebuah penginapan di wilayah Cimande, Ciawi, yang kebetulan tidak terlalu jauh dengan lokasi rafting. Dua mobil pick up menjempu kami, plus membawakan sejumlah peralatan ‘tempur’ rafting, seperti pelampung (life jackets), helm, dan pastinya dayung. Perahunya sendiri, plus para pemandu sudang menunggu di pinggir sungai. Sebelum menaiki riverboats, alias perahu karet kami dibriefing dulu sejumlah instruksi penting selama mengarungi jeram sungai, demi keselamatan tentunya. Ada simulasi bagaimana cara mengarungi sungai mengenakan perahu karet dan dayung. Perahu kami terdiri dari lima orang, plus seorang pemandu. Dan, byur, kami dan rekan-rekan saling kejar sambil melwati jeram-jeram yang banyak, mulai dari yang ringan hingga yang EKSTREM!
MANTAP.....!

Bersama kelompok Alamanda selaku penyedia layanan rafting, kami dan rekan diajak mengarungi Sungai Cisadane di Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, selama kurang lebih 2 jam. Dan waktu selama itu nyaris tidak terasa karena kami semua larut dalam serunya petualangan arung jeram sampai sekian kilometer. Petualangan air itu akan memacu jantung jantung bagi yang belum terbiasa melakukan permainan menantang ini. Karena itu, selain olah raga, rafting juga merupakan kegiatan yang rekreatif dan ekspedisi sekaligus sehinga sangat asik dan bermanfaat untuk dicoba. Selamat rafting..
Mustopa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Facebook

https://www.facebook.com/mustofa.acep

Sample Text

Sample Text